Handphone Boros Batere? Cek Lima Hal Berikut

Siapa yang memungkiri kalau ponsel modern memang menjadi perangkat yang serba bisa? bukan hanya untuk menelphone dan mengirim pesan saja, ponsel Android bahkan bisa difungsikan sebagai remote kontrol. Ac di rumah, dan laptop bisa Anda gerakkan dengan ponsel Android. Tapi akibat dari terjejalinya berbagai aplikasi tersebut, akhirnya batere jadi boros. Dan Pengguna harus ekstra dalam pemakaian. Solusinya bawalah power bank ke manapun Anda berada. Bukankah ribet? ya, sangat ribet dan tidak efisien.

Sekilas, memang repot memakai ponsel modern. Lebih enak ponsel jadul. Tidak usah berfikiri harus menghemat batere, tidak usah berfikir harus beli paket data. Dan tidak usah berfikiri berat yang lain. Permasalahannya, zaman sudah berubah. Hampir tidak ada lagi ponsel jadul di pasaran. Sudah hilang ditelan bumi.

Kalaupun masih ada ponsel jadul, biasanya sudah rusak. Jika masih utuh, pengguna harus berfikir tentang spare part. Kalau rusak, susah cari suku cadannya. Nah, mau tidak mau, pengguna harus menelan kenyataan bahwa zaman memang sudah berubah. Ponsel modern menjadi kebutuhan. Soal batere? tidak semua ponsel modern boros batere. Namun jika Anda menemukannya, atau mendapati ponsel Anda boros batere, cek lima hal berikut ini. Anda akan tahu penyebab batere menjadi boros.

Lima Hal Penyebab Batere Boros

1. Aplikasi Boros Batere

Pahami daftar aplikasi boros batere. Karena Android ada beberapa aplikasi utama dan klasifikasinya yang memang butuh asupan daya besar. Bukan dalam sekali, namun karena aplikasi tersebut terus menerus membutuhkan asupan batere. Apa saja aplikasi boros batere di Android tersebut?

Cek pada menu setting pada ponsel Android Anda. Dan perhatikan statistiknya. Anda akan menemukan aplikasi boros batere klasifikasinya adalah:

  • Aplikasi yang online terus menerus seperti Aplikasi Chatting; Whats Appa, BBM, Facebook Messenger dan semisalnya
  • Aplikasi update terus menerus. Misalnya aplikasi situs berita online seperti Detik.com, Daily Mail dan semisalnya
  • Aplikasi Source center seperti Google Play Store, Wallpaper dan semisalnya

2. Mode Power Saving Tidak Dinyalakan

Penting. Power Saving harus dinyalakan, karena dengannya bisa hemat batere. Dan jika Anda mendapati ponsel Android boros batere cek lagi, nyalakan jika belum.

3. Batere Terlalu Panas

Salah satunya karena digunakan untuk bermain game, sebaiknya ponsel jangan digunakan untuk main game meski hanya sebentar. Kalau Anda penyuka game, beli ponsel khusus untuk game. Karena bermain game mengakibatkan batere panas. Dan tentunya, akibatnya selain daya batere boros juga hardware yang kena.

4. Banyak Widget

Biasanya Anda suka memasang widget pada layar depan ponsel Android? ini salah satu penyebab boros batere. Hilangkan sekarang juga. Dan kurangi widget yang tidak berguna. Anda akan hemat batere dan menjadi lebih baik.

5. Layar Terlalu Cerah

Jangan dikira tidak ada pengaruhnya. Layar terlalu cerah memakan batere besar. Kalau tidak begitu perlu, biasakan layar biasa saja. Layar redup lebih enak pengaruhnya di mata.

You May Also Like